PROPOSAL EKONOMI TEHNIK ( PENGEMBANGAN JARINGAN KOMPUTER )

PROPOSAL EKONOMI TEHNIK 
PENGEMBANGAN JARINGAN KOMPUTER





AHMAD FAUZUL KABIR              16.01.071.005
FAHRUL IRWANSYAH                  16.01.071.030
FEBRIANTI                                       16.01.071.035
IQBAL BUDIKUSUMA                   16.01.071.047


PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMATIKA
UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA
2018





BAB 1
PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

Inovasi di dalam teknologi telekomunikasi berkembang dengan cepat dan selaras dengan perkembangan karakteristik masyarakat modern yang memiliki mobilitas tinggi, mencari layanan yang fleksibel, serba mudah dan memuaskan serta mengejar efisiensi di segala aspek.
Kebutuhan akan sistem untuk pengendalian jarak jauh semakin meningkat sejalan dengan era globalisasi dimana perpindahan dan pergerakan manusia semakin luas dan cepat. Selama ini masyarakat dapat mengontrol sesuatu dari jarak jauh dengan menggunakan remote control, akan tetapi pengontrolan tersebut terhambat oleh jarak. Apabila jarak antara alat yang dikontrol dengan pengontrol itu melewati batas toleransinya, maka peralatan tersebut tidak dapat berfungsi sesuai dengan yang diinginkan. Pengontrolan melalui jalur telepon merupakan hal yang lumrah, tetapi sistem ini kerap digunakan untuk sistem fix-point to point. Selain itu juga adanya kendala biaya terhadap jarak. Jarak semakin jauh maka biaya pulsa yang dikeluarkan semakin besar.

Universitas teknologi sumbawa merupakan instansi yang bekerja di bidang akademik oleh karena itu kebutuhan akan jaringan wifi sudah pasti sangat dibutuhkan mengingat penggunanya sendiri adalah mahasiswa dan dosen. Akan tetapi jaringan wifi yang ada diUTS hanya ada digedung rektorat dan jaringan ini belum tersebar diseluruh UTS sehingga bila masalah ini dibiarkan tentu akan menghambat perkembangan dan proses ajar mengajar diUTS.


1.2. Tujuan

Dengan adanya perluasan jaringan wifi ini diharapkan seluruh civitas kampus mulai dari mahasiswa sampai dosen bisa menggunakan akses wifi untuk memenuhi dan memaksimalkan kinerjanya di kampus sehingga mahasiswa dan dosen bisa menciptakan sebuah karya yang terbaik untuk negeri.
Selain dari itu dengan adanya perluasan jaringan ini setiap gedung yang ada di universitas teknologi sumbawa mulai dari ujung gedung di UTS sampai ujung gedung lainnya dapat menerima jaringan wifi sehingga bisa memaksimalkan kegiatan dalam interaksi mengajar dan belajar.








BAB II
PROFIL UTS

Kampus UTS berada di naungan yayasan DEA MAS yang mana yayasan ini di pimpin oleh ibu niken saptarini,M.Sc sebagai ketua yayasan, Dr. Zulkieflimansyah, M.Sc sebagai ketua dewan penyantun dan  Dr. Arif Budi Witarto, M.Eng sebagai ketua dewan penasihat.
Dosen dan mahasiswa UTS berdatangan dari seluruh penjuru tanah air dari Sabang sampai Merauke. Dosen-dosen yang berkualitas lulusan dalam dan luar negeri berjumlah 70 orang dan mengajar mahasiswa yang berjumlah 1376 orang dan akan bertambah terus setiap tahunnya. Universitas Teknologi Sumbawa terdiri dari 7 Fakultas dan 14 Program Studi. Saat ini Universitas Teknologi Sumbawa dipimpin oleh DR. Andi Tirta., M.Sc, seorang Doktor muda lulusan dari Korea. Universitas Teknologi Sumbawa berkembang dengan cepat bila dilihat dari usia berdirinya. Banyak kerjasama diadakan dengan institusi-institusi dari dalam dan luar negeri untuk menunjang kualitas civitas akademikanya. Banyak beasiswa yang diselenggarakan oleh Universitas Teknologi Sumbawa untuk para dosen dan mahasiswa agar kualitas SDM semakin baik. Pada tahun 2016 direncanakan akan terbentuk Program Magister Teknologi dan akan menguatkan Universitas Teknologi Sumbawa sebagai Perguruan Tinggi berbasis teknologi di belahan Indonesia bagian timur.
Adapun struktur pimpinan UTS yang memimpin saat ini adalah DR. Andi Tirta., M.Sc sebagai rektor, Nurul Hudaningsih, MT sebagai wakil rektor 1, Sudrajat Marta Dinata, M.SA sebagai wakil rektor 2, Win Ariga Mansyur Malonga, S.Pi sebagai sebagai wakil rektor 3 dan Muhammad Iqbal, S.Sos sebagai sebagai sebagai wakil rektor 4.

Kampus ini memiliki visi dan misi, adapun visinya adalah sebagai berikut :
“Menjadi Rumah Pembelajaran yang Nyaman dan Menyenangkan untuk Tumbuh Utuh Sebagai Manusia dan Bermanfaat bagi Semesta Alam”
Misi :
  1. Menjadi lembaga pendidikan yang mengedepankan kejujuran, kerendahan hati, keterbukaan dan rasa kekeluargaan
  2. Menjadi lembaga pendidikan yang proses belajar mengajarnya berlangsung dengan tertib dan lancar
  3. Menjadi lembaga pendidikan yang menghasilkan lulusan yang memiliki keilmuan tinggi dan rendah hati
  4. Menjadi lembaga pendidikan yang memiliki reputasi baik di tingkat nasional dan internasional
  5. Menjadi lembaga pendidikan yang keberadaannya dirasakan langsung oleh masyarakat
  6. Menjadi lembaga pendidikan yang keuangannya sehat dan akuntabel
  7. Menjadi lembaga pendidikan yang lingkungannya nyaman dan memilih fasilitas modern
  8. Menjadi lembaga pendidikan yang mampu menghasilkan penelitian yang kontributif bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan bermanfaat bagi sesama.






BAB III
RANGKUMAN EKSEKUTIF

Sebagai instansi yang bergerak dibidang akademik tentunya kebutuhan akan jaringan sudah pasti sangat dibutuhkan oleh karena itu kami sebagai team IT, team yang bekerja di bidang jaringan menyediakan jasa pemasangan, perluasan dan perawatan jaringan wifi . Dengan adanya perluasan jaringan wifi di UTS tentunya ini merupakan suatu peluang yang besar, dilihat dari pengguna jaringan wifi ini adalah mahasiswa tentunya ini akan membantu mahasiswa untuk mengakses informasi secara online.
Keunggulan jasa yang kami tawarkan adalah :
1. Pemasangan dan intalasi perangkat wifi yang cepat
2. Perawatan dan maintanance dilakukan sekali dalam sebulan
3. Biaya perawatan dan maintanance yang murah
4. Biaya pemasangan dan intalasi perangkat yang murah.
Saat ini jaringan informasi yang ada dikampus UTS hanya berpusat di rektorat akan tetapi para pengguna jaringan ini tidak hanya ada direktorat. oleh karena itu dengan adanya perluasan jaringan wifi ini kami selaku mahasiswa yang bergerak dibidang it ingin memperluas jaringan wifi ini keseluruh uts agar seluruh kebutuhan mahasiswa dan dosen bisa terpenuhi.
Adapun target pemasangan jaringan yang akan kami sebarkan anatara lain gd. BRI, gd. BNI, gd. Newmont, gd. Dikti, gd. Aula dan gd. Orange. Proyek perencanaan kami akan dilangsungkan selama 3 tahun dan selama tiga tahun ini kami akan menggunakan jasa internet service provider dari  bila proyek ini mendapatkan respon yana baik maka proyek ini tentu akan kami kembangkan lagi demi keberlangsungan kegiatan akademik diUTS.





BAB IV
PENGEMBANGAN JARINGAN KOMPUTER



4.1. Kondisi Jaringan Saat Ini

Pada tahap ini, peneliti melakukan beberapa analisa kondisi infrastruktur jaringan komputer  yang  telah  ada  pada  Universitas
Teknologi Sumbawa, yakni :
a.     Topologi Jaringan Komputer
Pada lingkungan  Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) telah memiliki topologi jaringan yaitu topologi star, topologi ini digunakan  untuk  mengubungkan beberapa perangkat di dalam jaringan komputer yang berada hanya di gedung rektorat.
Adapun  bentuk  topologi  yang  ada seperti pada gambar denah di bawah ini :
Gambar 1. Denah Universitas Teknologi Sumbawa

 










Jaringan Komputer yang ada pada saat ini di lingkungan Universitas Teknologi Sumbawa berada terpusat pada gedung rektorat, dimana pada gedung rektorat ini seluruh kegiatan administrasi seluruh universitas, fakultas dan program studi dilaksanakan. Dengan menganalisa topologi jaringan komputer dari infrastruktur pada lingkungan Universitas Teknologi Sumbawa, dapat dikaji bahwa :
·    Untuk pengembangan topologi star pada jaringan komputer di lingkungan Universitas   Teknolog Sumbawa   akan
sangat     diperlukan     apabila     adanya
pengembangan penempatan kegiatan administrasi Universitas Teknologi Sumbawa pada masing-masing gedung fakultas, dimana untuk mengintegrasikan seluruh sistem informasi akademik memerlukan jaringan komputer   yang terintegrasi.
·    Pada   saat   ini pemanfaatan   jaringan komputer oleh civitas akademik, baik itu dosen, staf dan  mahasiswa  hanya  dapat dilakukan di gedung rektorat. Melihat infrastruktur gedung perkuliahan yang dalam skala Local Area Network (LAN) dengan   jangkauan   jarak   kurang   dari
10.000m² memungkinkan untuk dikembangkannya  infrastruktur  jaringan
komputer  sehingga  seluruh  lingkungan
Universitas Teknologi Sumbawa dapat memanfaatkan jaringan komputer.

b.) Perangkat Jaringan Komputer
Untuk dapat menghubungkan gedung Rektorat dengan Internet Service Provier (ISP) Telkom
Speedy, terdapat media yang digunakan yaitu
Router dan Switch. Dalam pemanfaatan ISP atau internet oleh seluruh civitas akademik Universitas Teknologi Sumbawa, dilakukan pemasangan beberapa perangkat jaringan, diantaranya :
Tabel 1. Perangkat Jaringan pada Universitas Teknologi Sumbawa

Jenis Perangkat
Jumlah
Lokasi Perangkat
Router Telkom Speedy
100 Mbps
1 unit
Ruang IT
Switch 32 Port
1 unit
Ruang    IT    G.
Rektorat Lantai 1
Wireless
1 unit
Ruang    IT    G.
Rektorat Lantai 1
Switch 24 Port
2 unit
G.Rektorat
Lantai     1      & Lantai 2
Wireless
1 unit
G.Rektorat
Lantai 2

c.) Jumlah     Workstation     pada     Jaringan
Komputer
Dalam  memanfaatkan  jaringan  komputer dalam  bentuk  intrane dan   interne di
lingkungan        Universitas        Teknologi
Sumbawa, setiap civitas akademi mendapat satu buah user name dan   password yang
diberikan oleh Tim IT - UTS. User yang
telah  menggunakan  fasilitas  intranet  dan internet sampai dengan saat  ini berjumlah
120  user  terdiri  dari  dosen,  staff  dan
mahasiswa.
4.2. Rencana Pengembangan Jaringan Komputer

Berikut perancangan infrastruktur jaringan computer menggunakan media nirkabel ( Access Point ) :



Gambar 2. Perancangan Infrastruktur Jaringan Menggunakan Media Nirkabel

Dalam mengintegrasikan seluruh gedung pada Universitas Teknologi Sumbawa digunakan Topologi Jaringan Komputer dalam bentuk Star yang dikelola oleh Jaringan Komputer Pusat, dengan melalui menajemen jaringan yang baik seluruh gedung dapat terhubung pada jaringan komputer secara merata dengan menggunakan Media Nirkabel (Access Point). Adapun perancangan jaringan komputer pada sisi server :



Dalam perancangan di sisi server dengan menggunakan Media Nirkabel ( Access Point ), antar gedung di hubungkan menggunakan Antena Access Point, dimana dari antenna menuju switch pada sisi server dan client menggunakan media kabel. Adapun Hardwere dan Softwere yang mendukung center computer pada server :

Tabel 2. Perangkat Keras Pada Server

Perangkat Keras
Keterangan
Server
Intel core i7 3 Ghz, Ram 4 Gb DDR4, Harddisk 4 x 250 Gb SSD
Access Point
TP-LINK TL-WA7210N
Switch
8 Port 10/100/1000, Managed Gigabit
Kabel UTP/STP
CAT. 5E BELDEN 50105F
Firewall
Dedicated ASA Firewall

Tabel 3. Perangkat Lunak Pada Server

Perangkat Lunak
Keterangan
Operating System
Ubuntu server 17.10
Server Aplication
Database: MariaDB Server
Web Browser
Firefox
Aplication
Web Browser, Xampp
Internet Service Provider
Asti Net

Tabel 4.Perangkat Keras Pada Client

Perangkat Keras
Keterangan
Perangkat Computer
Processor Core 2 RAM 4 GB DDR 4 HDD 500 Gb
Monitor 17 inch
Optical Mouse
Standart Keyboard
Laptop
Standart Laptop
Switch LAN
16 Por Fast Ethernet 2 Port FDDI
Kabel LAN
Ethernet 100 base T dengan UTP category 6 Fiber Optic Single Mode
USB Wifi
2,4 Gb wifi client
Modem Wifi
Microtik
Router
Cisco C4000 Router
Kabel fiber Optic
FDDI Duplex Link

Tabel 5.Perangkat Lunak Pada Client

Perangkat Lunak
Keterangan
Operating System
Ubuntu server 17.10
Web Browser
Firefox
Aplication
Web Browser, Xampp

Tabel 6. Harga perangkat jaringan wifi

perangkat
jumlah
harga/pcs
total
TP-LINK TL-WA7210N
7
Rp.510,000
Rp.3,570,000
TP-LINK TL-ANT2415D
7
Rp.540,000
Rp.3,780,000
Pigtail TP-LINK TL-ANT2415D
7
Rp.100,000
Rp.700,000
utp/stp CAT. 5E BELDEN 50105
1 roll
Rp.1,750,000
Rp.1,750,000
router ZTE E5501
1
Rp.369,000
Rp.369,000
Komputer server
1 unit
RP.6,500,000
RP.6,500,000

Total
Rp.16,669,000

Sedangkan Perancangan jaringan computer pada sisi client untuk mendukung jaringan computer pusat seperti pada gambar di bawah ini :





Dalam perancangan di sisi client pada gedung di Universitas Teknologi Sumbawa terdapat media  Antenna  Access  Point  untuk mendukung konektivitas infrastruktur jaringan komputer, dimana antenna akan terhubung dengan switch dalam Local Area Network pada lingkungan setiap gedung. Switch akan mengintegrasikan seluruh perangkat keras seperti  wifi dan workstation  sehingga  dapat dilakukan manajemen jaringan oleh server.

BAB V
PEMODALAN DAN MANAGEMENT KEUANGAN


 5.1  Arus Kas Dari Aktivitas Investasi
-        RKAT 2017 UTS                      Rp. 70.000.000,-
-        Sumbangan CSR BUMN 2017 Rp. 50.000.000,-  +
  Rp. 120.000.000,-

 5.2  Arus Kas Dari Aktivitas Operasional
-        Perangkas keras untuk server   Rp 15.250.000 ,-
-        Perangkat keras untuk client    Rp 10.890.000 ,-
-        Perangkat lunak untuk server   Rp 15.750.000 ,-
-        Perangkat lunak untuk client    Rp 30.000.000 ,-
-        Proses biaya konfigurasi          Rp 15.110.000 ,-
-        Biaya pemiliharaan 5tahun       Rp 25.000.000 ,-  +
              Rp 112.000.000,-

5.3  Arus Kas Dari Aktivitas Pendanaan
-        Pendanaan dari tahun (1)
22.000 x 2000 mhs = Rp 44.000.000 ,-
-        Pendanaan dari tahun (2)
20.000 x 2000 mhs = Rp  40.000.000 ,-
-        Pendanaan dari tahun (3)
18.000 x 2000 mhs = Rp 36.000.000 ,-
-        Pendanaan dari tahun (4)
10.000 x 2000 mhs = Rp 20.000.000 ,-
-         Pendanaan dari tahun (5)
8000 x 2000 mhs = Rp 160.000 ,-  +
                                    Rp.300.000.000 ,-







\

BAB VI
STUDY KELAYAKAN


 6.1 payback periode

-        Jumlah investasi  Rp. 120.000.000,-
-        Proses / pendanaan (1) Rp. 44.000.000,-  -
                                          76.000.000,-
-        Proses / pendanaan (2)      40.000.000 , -
                                           36.000.000
-        Proses / pendanaan (3)     36.000.000 ,-
                                                                        0

6.2  Net Present Value

Periode
DF 10 %
proceeds
PV dari Proceeds
1
0,909
Rp. 44.000.000  ,-
Rp. 39.996.000,-
2
0,826

Rp. 40.000.000  ,-
Rp.33.040.000 ,-
3
0,751
Rp. 36.000.000  ,-
Rp.27.036.000 ,-
4
0,683
Rp. 20.000.000 ,-
Rp.13.660.000 ,-
5
0,621
    Rp. 160.000,-
Rp.9.936.000 ,-


PV dari proceed
Rp.123.668.000 ,-


PV dari Outlays
Rp.120.000.000 ,-


NPV
Rp. 3.668.000 ,-

6.3  Profit  Index (PI)                     =   PV dari proceeds
                                                             PV dari outlays
                                                        =  Rp123.668.000 ,-
                                                            Rp.120.000.000 ,-
                                                        = 1,030566667

Karena nilai PI-nya lebih besar dari 1 maka investasi baik untuk dilakukan.

6.4 internal rate of return (IRR)
Periode
Proceeds
DF 20%
PV
DF 30%
PV
1
Rp. 44.000.000 
0,833
Rp.36.652.000
0,769
Rp.33.836.000
2
Rp. 40.000.000 
0,694
Rp.27.760.000
0,592
Rp.23.680.0000
3
Rp. 36.000.000 
0,579
Rp.20.844.000
0,455
Rp.16.380.000
4
Rp. 20.000.000
0,482
Rp.9.640.000
0,350
Rp.7.000.000
5
Rp 160.000
0,402
Rp.64.320.000
0,269
Rp.43.040.000

PV dari Proceeds

Rp.159.216.000

Rp.123.936.000

PV dari Outlays

Rp.120.000.000

Rp.120.000.000



NPV


Rp.39.216.000



Rp.3.936.000


                     


BAB VII
PENUTUP


Jadi dengan adanya perluasan jaringan ini mahasiswa seUTS diharapkan mampu menggunakan dengan bijak untuk memenuhi segala kebutuhan di bidang akademik sehingga mahasiswa itu sendiri bisa berkembang menjadi lebih baik dan bermanfaat bagi banyak orang dan juga seluruh gedung akademik yang di UTS bisa mengakses internet melalui jaringan ini untuk memudahkan segala kegiatan ajar mengajar di kampus.








DAFTAR PUSTAKA



Comments

Popular posts from this blog

Cara hack wifi menggunakan PC

CARA SHARE WIFI MENGGUNAKAN BAIDU HOTSPOT WIFI